KAYU CENDANA MANFAAT DAN KASIATNYA UNTUK MANUSIA

Kayu cendana, sepertinya sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Kayu ini merupakan salah satu komoditas yang sangat menjanjikan harganya di pasaran. Dengan tekstur kayu yang kuat dan kokoh, kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu yang menjadi pilihan alternatif dari kayu jati sebagai pembuatan furniture.
ads
Tanaman Pohon Cendana
manfaat-kayu-cendanaCendana sendiri sebenarnya merupakan jenis tanaman parasit, yaitu membutuhkan inang untuk dapat tumbuh menjadi besar. Hal ini disebabkan oleh akar dari pohon cendana yang kurang kuat dan tidak sanggup untuk mencukupi kebutuhan kehidupannya. Karena hal inilah, maka pohon cendana tergolong sulit dikembangbiakkan, dan cukup jarang berada di pasaran. Namun tetap banyak diminati karena memiliki kualitas kayu yang sangat menjanjikan.
Kayu cendana merah merupakan jenis cendana yang mutunya tidak sebaik kayu cendana putih, namun kurang diminati di pasaran. Kayu cendana merah sendiri banyak tumbuh di daerah India, dan Funan. Untuk kayu cendana putih, lebih banyak tumbuh di daerah Nusa tenggara timur.
Walaupun menjadi tumbuhan parasit, namun pohon cendana merupakan pohon yang dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 11 – 15 meter, dan termasuk pohon yang besar, dengan diameter mencatap 25 – 30 cm.
Manfaat Kayu Cendana dalam Berbagai Bidang
Sebagai salah satu komoditi yang dapat menunjang kebutuhan ekspor, pohon cendana memiliki berbagai macam manfaat bagi manusia, dari segi ekonomis dan juga segi kesehatan. Bahkan beberapa juga menganggap bahwa kayu cendana memiliki tuah tersendiri.
Bahan baku furniture dan meubel
Bentuk pohon yang kokoh dan besar, serta kualitas kayu yang sangat baik, tidaklah salah apabila kayu cendana merupakan salah satu kayu yang sangat diperhitungkan dalam pembuatan furniture. Banyak sekali furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu cendana. Berikut ini adalah beberapa meubel dan furniture yang bisa dibuat dengan menggunakan kayu cendana :
Bahan baku produk kerajinan tangan
Selain menjadi bahan baku furniture dan meubel, yang menghasilkan kayu cendana juga sering dibuat menjadi bahan baku kerajinan tangan dan menjadi bahan baku hiasan-hiasan, seperti :
Lambang prestise
Tak dapat dipungkiri, dengan kualitas kayu yang tinggi dan juga proses budidaya yang cukup sulit, harga kayu cendana dipatoj dengan harga yang sangat tinggi. Hal ini tentu akan berdampak kepada peralatan yang dibuat dengan meggunakan kayu cendana. Harga peralatan, kerajinan, atau meubel yang dibuat menggunakan kayu cendana pastinya akan jauh lebih tinggi, karena akan dibuat dengan teliti dan baik. Hal ini membuat barang-barang yang dibuat dari kayu cendana akan memberikan kesan :
Bahan obat herbal
Salah satu manfaat kayu cendana bagi tubuh kita adalah dapat menjadi obat herbal Seperti obat herbal Titan Gel yang bagus untuk kesehatan tubuh. Biasanya bagian yang digunakan sebagai obat herbal adalah bagian kulit kayu serta minyak dari pohon cendana.

Komentar